Selamat Bergabung Forum Anak Muara Angke!



Anak-anak Muara Angke berpose usai pembentukan Forum Anak Muara Angke (28/10/12)
 
Dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak, sekaligus sebagai implementasi Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 03 Tahun 2011 tentang Kebijakan Partisipasi Anak Dalam Pembangunan, secara mantap dan nyata LPPA Muara Angke telah membentuk Forum Anak Muara Angke . Pembentukannya bertepatan dengan hari sumpah pemuda,28 Oktober 2012

Prosesi pembentukan Forum Anak Muara Angke dikemas dalam paket yang sangat menarik oleh LPPA dan Supian (Ketua FAD DKI Jakarta, TMPI 2012, Fasilitator Anak Nasional) bersama Anak-anak dari Forum Anak DKI Jakarta lainnya yg kebetulan tinggal di Muara Angke selaku fasilitator dalam kegiatan ini.

Diawali dengan upacara pembukaan dengan menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya”, yang dipimpin oleh Ari Marwan (ketua Partisipasi FAD DKI Jakarta) yang juga bertugas sebagai MC pada pembentukan Forum Anak Muara Angke ini.

Selanjutnya adalah Game Keakraban yang dipandu oleh Fauzan 13th, dimaksudkan agar anak-anak saling kenal satu sama lain, dan enjoy mengikuti kegiatan. 

 Supian memimpin jalannya sesi fasilitator anak

Sesi berikutnya fasilitator anak (Supian) berbagi informasi sekilas tentang manfaat dan pentingnya Forum Anak, Penjelasan tentang organisasi anak dan manfaatnya, sangat bagus dan jelas dibawakan oleh Supian. Penyampaian materi terasa ringan dicerna dengan gaya dan bahasa anak sehingga para peserta aktif mengikuti sesi ini

Anak-anak semakin antusias pada sesi “diskusi anak dan presentasi” yang dipandu oleh Suci Cahyani 12th (ketua divisi kebutuhan khusus FAD DKI). Mereka berlatih menyampaikan ide dan pendapat sebagai bentuk partisipasi mereka dalam proses pembangunan di wilayahnya.

sebelum melakukan presentasi ada ice breaking yang dipandu oleh Jasrahman dan Masitoh (ketua divisi Pendidikan FAD DKI). Hasil presentasi mereka menjadi rekomendasi yang akan disampaikan kepada ketua LPPA dan Lurah setempat .

Sesi berikutnya adalah Pemilihan Pengurus dan Kesepakatan Nama Forum Anak. Pada sesi ini anak-anak belajar menjalankan proses demokrasi. Setelah pengurus terbentuk dan nama forum anak disepakati, selanjutnya ketua terpilih memimpin sidang sekaligus menutup acara.

Kami berharap, semoga dengan dibentuknya Forum Anak Muara Angke hak-hak anak di provinsi DKI Jakarta semakin terpenuhi. Amin.**

Komentar

Postingan Populer